Sabtu, 12 November 2011

Rokok, seorang pembunuh!

Rokok. Pasti sudah tidak asing lagi. Di setiap toko, bahkan mall selalu ada yang menjual benda yang satu ini. Rokok sudah mendunia sekali.
Tapi, apa kalian tahu? Ternyata rokok sangat berbahaya. Buktinya saja, si pemrokdusi rokok sudah mencantunkan peringatan di bungkus rokoknya. Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Nah tuh, itu kan sudah jelas-jelas berbahaya. Kanker. Itu penyakit yang mematikan kan? Serangan jantung. Itu juga pasti bahaya banget! Impotensi. Aku nggak tahu sih, itu apa. Kayaknya itu penyakit yang belum waktunya buat kubicarain. Tapi, sudah jelas kan itu juga bahaya. Terus, gangguan kehamilan dan janin. Hm.. Ini lho, aku nggak habis pikir. Rupanya yang merokok bukan cuma bapak-bapak. Bahkan ibu-ibu ikutan juga. Aku pernah liat mbak-mbak cewek cantik, lagi nyalon. Ternyata mereka malah ngerokok, dalem ruangan lagi. Nggak mikir apa! Kenapa ya, banyak banget perokok di dunia ini, kasusnya, banyak anak kecil yang penasaran sama rokok terus nyoba!
Kata temanku, satu batang rokok bisa mengakibatkan perokok itu kehilangan 5 menit jatah hidupnya. Berarti kalau habis satu kotak rokok, hidupnya bisa berkurang berapa dong?
Kata guruku, orang yang sudah terbiasa merokok itu punya prinsip. mending ora mangan timbange ora ngerokok. Artinya, lebih baik tidak makan daripada tidak merokok. Jadi, sudah terbukti kalau rokok mengandung narkotika. Zat yang membuat orang yang mencobanya ketagihan. Dulu aku sering salah bilang narkotika itu narkoba. Pikirku, kalau rokok mengandung narkoba kenapa pembuatnya malah bikin pabrik, bukanya dipenjara..?
Terus, aku lumayan ngeri saat melihat iklan di tv itu. Yang tentang perokok itu tuh. Jantungnya hitam dan aneh. Paru-parunya juga. Lidahnya juga jadi kayak kucing. Giginya kuning. Dan bibirnya item. Hii.. Serem. Hei, para perokok! Apa kalian mau diri kalian dirusak oleh rokok? Lagipula, rokok bukan hanya merugikan kalian, tapi orang di sekitar kalian! Asap rokokmu terhirup oleh orang lain. Dan kamu sudah melantik orang itu menjadi seorang perokok. Perokok pasif!! Yang bahkan efeknya lebih berbahaya daripada perokok aktif. Jadi, orang-orang yang bukan perokok, kalau ada di dekat orang yang sedang merokok, tutup hidung dan mulutmu. Jangan dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok! Sudah jelas kan? Perhatikan gambar dibawah ini.
 Rokok berasap dicoret dengan tanda merah. Itu artinya, DILARANG MEROKOK! Walau tidak ada tanda ini di suatu tempat, jangan merokok. Dengan semua bahaya yang sudah ditimbulkan rokok, jangan mau lagi! Kalau kalian sudah terlanjur ketagihan, lakukan terapi penghilang ketagihan rokok. Ada kok! Mulai sekarang, mari kita hidup sehat!! Hidup tanpa rokok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma baca, komentar juga doong..! bagi saya, komentar itu membuat saya senang